Manfaat SUSU KEDELAI

Hampir pasti setiap Ibuku tersayang pulang kerja selalu membawa tahu dan susu kedelai yang memang ada yang jual di kantornya. Dan yang selalu saya serbu pertama kali adalah susu kedelai yang ibu saya bawa. Hampir pasti saya rutin meminumnya (lebih ke arah ketagihan sih.heheheh), sampai-sampai jika dalam 2 hari susu kedelai masih ada di kulkas maka ibu saya akan berkata “kok susu kedelainya belum abis?” karena beliau pasti tahu saya sangat gemar meminumnya, padahal ibu saya biasa membawa sekitar 10 buah. Yang dimana semua kandungan bermanfaat ada di dalam SUSU KEDELAI.

Setelah sekian lama saya mengkonsumsi susu kedelai maka timbul di benak saya “apa sih manfaat susu kedelai?” dan selidik punya selidik, setelah berkutat dengan mbah google, maka saya mendapati berbagai manfaat dari susu kedelai yang diantaranya seperti dibawah ini:

  1. Mengatasi alergi terhadap susu sapi (Intolerensi Laktosa) biasanya hal ini terjadi pada bayi-bayi yang asupan utamanya ASI digantikan oleh ibunya menjadi susu sapi yang karena berbagai alasan tidak memberikan ASI kepada bayinya padahal ASI merupakan minuman sekaligus makanan terbaik dan alami untuk  bayi, yang paling bersih, bergizi, dan murah. Mengapa bisa terjadi Intolerensi Laktosa, hal ini dikarenakan ketidakmampuan bayi dalam mencerna dan menyerap laktosa (lemak susu) dengan baik. Yang disebabkan terbatasnya enzyme laktase dalam tubuh- yang berfungsi memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa (monosakarida) agar lebih mudah dicerna usus. Dan sebagai alternatif susu kedelai merupakan susu yang cocok sebagai pengganti susu sapi dan minuman pendamping ASI. Kelebihan dari susu kedelai adalah tidak adanya laktosa susu . Karena itu, anak yang alergi terhadap susu sapi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu kedelai, demikian juga untuk orang dewasa yang alergi terhadap susu sapi.
  2. Cocok untuk Penderita Autisme, Autisme merupakan gangguan perkembangan yang terjadi pada masa anak-anak, sehingga membuat seseorang tidak mampu mengadakan interaksi sosial dan seolah-olah hidup dalam dunianya sendiri. Autisme pada anak-anak biasanya disebut Autisme Infatil. Penderita autis juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai macam hal yang mengandung Kasein (Protein susu) dan Glutein (protein tepung). Karena selain sulit dicerna , selain itu makanan yang mengandung kedua jenis protein tersebut dapat menyebabkan gangguan fungsi otak dan dapat menyebabkan penderita menjadi hyperaktif. Dan dengan susu kedelai para penderita autisme tetap memperoleh masukan protein, vitamin, dan mineral yang cukup. Hal terpenting dari semua itu, susu kedelai tidak mengandung Kasein dan Glutein.
  3. Vegetarian menjadikan susu kedelai menjadi minuman favorit karena nilai gizinya tidak kalah dengan susu sapi namun berasal dari nabati. Susu kedelai merupakan minuman sumber vitamin (B1,B2,B6, dan provitamin A), sumber mineral (Kalsium, Magnesium, Selenium, Fosfor), sumber Karbohidrat, sumber Protein, dan sumber Lemak).
  4. Dapat menurunkan Kadar Kolestrol Darah arena susu kedelai mengandung Lesitin yang bersifat mengemulsi (melarutkan) kolesterol dalam darah, sehingga tidak ada lagi penyempitan dan penyumbatan. Khasiat lesitin ini telah diteliti oleh Dr. Edward dan dipublikasikan dalam Biocontrol News and Information, Discover & Science News. Selain Lesitin. Zat Gizi lain yang dapat menggempur kolesterol adalah Isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan dan mampu meningkatkan HDL. Penelitian olah America Heart Association menunjukkan konsumsi Susu Kedelai selama tiga bulan mampu meningkatkan HDL rata-rata 4,7%. *sekedar info HDL adalah High Density Lipoprotein alias kolestrol baik
  5. Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Stroke karena selain Lesitin dan Isoflavon, susu kedelai juga mengandung Vitamin E (Tokoferol) yang juga dapat membantu mencegah terjadinya Penyakit Jantung Koroner dan Stroke serta menghindari terjadinya Arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah) penyebab stroke.
  6. Mencegah Diabetes Melitus mengapa demikian? Karena susu kedelai yang mengandung Asam Amino Glisin dan Asam Amino Arginin mampu menjaga keseimbangan Hormon Insulin. Selain itu, protein dalam susu kedelai lebih mudah diterima organ ginjal dibandingkan dengan protein hewani sedangkan penyebab Diabetes Melitus muncul karena tubuh kekurangan Insulin, yang mengakibatkan kelainan metabolisme karbohidrat, protein, lemak, air, dan elektrolit. Hal ini menyebabkan susu kedelai amat baik untuk penderita Diabetes
  7. Dapat Menghambat Menopause dan Cegah Osteoporosis Salah satunya yang terbukti efektif mengatasi sindroma menopause adalah Isoflavon yang terkandung dalam Susu Kedelai. Selain harganya murah produknya juga telah dikenal masyarakat. Serta zat gizi susu kedelai yang dapat menghambat menopause adalah Vitamin E, yang bermanfaat menjaga keseimbangan hormone yang memperlambat terjadinya menopause. Vitamin E alami lebih mudah diserap tubuh dibandingkan Vitamin E sintetik. Selain mampu menghambat Menopause, Isoflavon ternyata dapat mencegah Osteoporosis; dengan menstimulir proses Osteoblastik melalui aktifitas reseptor estrogen, dan meningkatkan produksi Hormon Pertumbuhan (Insuline Like Growth Factor 1 (IGF-1). Mengkonsumsi Susu Kedelai secara teratur dapat mempertahankan tulang tengkorak dan tulang belakang. Kata Susan M.Potter  dari University of Illionis  USA
  8. Mencegah Migrain, Migrain itu penyakit yang menyerang kepala, yah seperti sakit kepala pada umumnya, namun migrain tidak diketahui penyebabnya, dan yang sering terserang adalah kaum wanita dimana disebabkan oleh siklus hormonal pada wanita. Dan dengan mengkonsumsi susu kedelai secara teratur maka kita dapat mencegah dan meredakan migrain, terutama yang disebabkan oleh deffisiensi zat gizi. Hal ini disebabkan karena Susu Kedelai merupakan sumber Vitamin B-Complek (kecuali B12), Mineral, (terutama Kalium), dan Asam Amino (terutama Lisin) dengan jumlah cukup tinggi.
  9. Anti Kangker? Karena Susu Kedelai merupakan salah satu minuman kesehatan sumber mineral, selenium, Vitamin E, Isoflavon, dan Asam Amino Triptopan. Untuk mengatasi paparan radikal bebas pemicu, kanker diperlukan zat atau senyawa yang berfungsi sebagai anti-oksidan . Selain Selenium, anti-oksidan pada Susu Kedelai adalah Vitamin E dan Genistein, yang secara sinergis yang terbukti mampu menghalau kanker.
  10. Mencegah Penuaan Dini bahasa gaulnya Anti Aging. Salah satu cara yang ampuh dalam menghadapi penuaan dini adalah dengan mengkonsumsi makanan atau minuman sumber anti-oksidan merupakan pilihan bijak, sekaligus pilihan tepat untuk mengatasi penuaan dini. Anti oksidan umumnya berasal dari golongan vitamin dan mineral, diantaranya vitamin B, E, C, Beta-Karoten, Chromium, Selenium, Kalsium, Tembaga, Magnesium, dan Isoflavon.

Sudahkah Anda Minum SUSU KEDELAI hari ini?

sumber: cintaherbal.wordpress.com

2 Komentar

Filed under Health, Tips

2 responses to “Manfaat SUSU KEDELAI

  1. dhevy

    lebih suka susu kedelai apa susu yg lain???
    (ASI mksudnya….hihihihih :D)

  2. ghezwayz

    mav tolong lebih spesifik pertanyaanya……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s