Idul Adha

Idul Adha 1430H kembali hadir dalam masyarakat muslim. Hari dimana kita semua diingatkan kisah tentang Nabi Ibrahim AS yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih anaknya Ismail bahkan diharuskan Nabi Ibrahim sendirilah yang menyembelihnya, namun sedetik kemudian dirubah-Nya Ismail menjadi seekor kambing atas izin Allah SWT sehungga yang disembelih adalah kambing bukan Ismail. Hari dimana beliau rela mengurbankan anak kesayangannya untuk di sembelih karena perintah dari Allah SWT kepadanya hanya melalui mimpi.Sungguh keridhoan dan keikhlasan yang luar biasa.

Hari Idul Adha disebut juga Hari Berkurban karena banyak hewan ternak seperti kambing dan sapi maupun kerbau banyak yang langsung menuju surga karena dikurbankan, hari dimana seseorang yang memiliki kemampuan lebih dalam rezeki menyisihkan untuk bersedekah lewat daging yang dipotong dan dibagikan untuk kaum yang kekurangan karena panggilan dan ingat akan sesamanya.

Namun semakin hari, Idul Adha menjadi sepi peminat karena orang-orang yang hendak menjalankan shalat sunnahnya pun tak seantusias saat Idul Fitri. Seumpamanya dalam dunia sepak bola Idul Fitri = Liga Champions Eropa dan Idul Adha=Piala UEFA yang dimana Liga Champions lebih diminati dan ditunggu-tunggu oleh banyak pihak dan Piala UEFA hanya sekedar kejuaraan ke-2.

Namun yang perlu kita renungkan, sudahkan kita dapat berkurban layaknya Nabi Ibrahim AS. Dimane beliau dapat dengan ridho dan ikhlasnya mengurbankan anak kesayangannya Ismail. Bahkan banyak dari kita yang bersedekah dengan uang seribu rupiahpun, terasa sulit untuk dikeluarkan dari dalam saku. Namun untuk membeli rokok atau untuk berfoya-foya yang mengeluarkan uang lebih dari seribu rupiah tak segan-segan kita hamburkan. Kita patut mencontoh keridhoan dan keikhlasan seorang Nabi Ibrahim AS karena rasa yang begitu tingginya hingga ia mampu mengurbankan anaknya. Dan semoga kita semua menjadi sosok yang lebih mulia pada akhirnya. Amien

Happy Ied ADha 1430

Tinggalkan komentar

Filed under Coretan Pribadi, Event

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s