Kebohongan / Bohong

Kebohongan jika dalam arti kamus bahasa Indonesia memilki kata dasar, yaitu Bohong dimana yang artinya mengatakan sesuatu yang tidak ada dasar realitasnya/ tidak sesuai kebenaran. Jadi Kebohongan bisa diartikan sutu perilaku baik perkataan maupun perbuatan yang tidak sesuai kebenaran.

Sebuah kebohongan dapat membuat orang lain marah bahkan menjadi benci, apalagi jika terus dilakukan secara berulang. Berdasarkan psikologi online bohong dibedakan menjadi beberapa bagian, seperti tipu, bual, dusta ,dan gombal yang memilki arti hampir sama. Secara harfiah orang-orang memilki persepsi sama antara tipu, bual, dusta ,dan gombal.

Ada sebuah perkataan “Yah bohong kecil ini” dan kalimat pusaka ini pernah dikatakan oleh teman saya. Karenanya bohong bisa dibedakan menjadi 2, bohong besar dan kecil. Bohong besar cenderung memilki akibat atau dampak yang besar, dan bohong kecil memilki dampak yang relatif kecil, seperti ketika berbohong kepada teman atau dalam kehidupan bermasyarakat(psikologi online).

Namun bagi saya kebohongan tetap saja kebohongan, tidak ada arti kata bohong kecil maupun bohong besar karena dua-duanya memiliki dampak yang sama, yaitu merugikan orang lain dan untuk sebagian orang yang merasa telah melakukan kebohongan yang telah ia perbuat. Kebohongan juga merugikan dirinya sendiri.

Tinggalkan komentar

Filed under Coretan Pribadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s