Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut sangatlah menggangu. Nah saya punya tips untuk mengatasinya…..

Menurut Persatuan Dokter Gigi Indonesia alias PDGI bau mulut disebabkan oleh jutaan bakteri yang terdapat di dalam mrongga mulut yang dimana bakteri ini membantu pencernaan saat makanan dikunyah.

Karena bakteri termasuk makhluk hidup maka pasti terdapat bakteri yang mati, nah sel-sel bakteri yang telah mati ini berubah menjadi sulfur(belerang) yang mudah menguap menghasilkan bau tak sedap.

Selain itu sisa-sisa makanan yang melekat pada gigi akan menyebabkan gigi menjadi berlubang atau rusak, selain itu hal lain yang dapat menyebabkan bau mulut adalah terjadinya gangguan atau masalah apda saluran pernafasan dan pencernaan.

Selain itu mengkonsumsi makanan-minuman tertentu juga dapat menimbulkan bau tak sedap seperti jengkol, petai, kopi, rokok, dan minumam keras(miras).

Untuk mengatasinya hal yang paling mendasar adalah pentingnya untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dari sisa-sisa makanan dan minuman saat sahur dan berbuka.

Karena sisa-sisa makanan yang tertinggal dapat menyebabkan plak dan karies sehingga gigi menjadi berlubang dan menimbulkan bau tak sedap.

Selai itu penggunaan odol atau pasta gigi yang mengandung florida untuk mencegah berlubangnya gigi kita. Kemudian kumurlah dengan larutan sirih atau jeruk nipis yang berguna untuk mengurangi bakteri dan mengharumkan mulut.

Dan sebisa mungkin jangan mengkonsumsi makana-minuman yang dapat membuat mulut menjadi bau atau minimal kurangilah……

So selamat mencoba.Ghe/WK

Iklan

1 Komentar

Filed under Health, Tips

One response to “Mengatasi Bau Mulut

  1. terimakasih informasinya, dan bau mulut memang sangat menganggu apalagi buat para pekerja yg sehari2 berbicara gitu pasti dehh nggak nyaman banget

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s