Jangan Anggap Sepele Dehidrasi

Teman-teman pasti pernah mendengar kata DEHIDRASI, bagi yang belum tahu,DEHIDRASi terjadi akibat tdak seimbangnya asupan cairan ke dalam tubuh dengan cairan yang keluar dari tubuh. Sehingga tubuh menjadi kekurangan cairan.

Penyebabnya seperti kurang minum, keringat berlebihan, pengaruh suhu atau iklim, terjadinya pendarahan dan juga karena gangguan penyakit
Namun jangan anggap enteng DEHIDRASI karena dehidrasi juga dapat menyebabkan kematia loh. Hal ini terjadi karena gagalnya seluruh fungsi organ tubuh, karena darah menajadi kental sehingga asupan nutrisi ke sluruh tubuh terganggu, ternmasuk ke jantung dan otak kata Pof Dr Ir Hardinsyah, ahli gizi dan pangan dari IPB.

Dehidrasi dapat terjadi oleh siapa saja termasuk ANDA!, baik remaja, orang dewasa, dan terlebih kepada anak-anak dan orang yang berusia lanjut merupakan kelompok yanhg paling rentan terhadap hal ini. Dampak lain dari dehidrasi tak hanya muncul dalam jangka pendek namun juga dalam jangka panjang, tubuh yang selalu mengalami dehidrasi beresiko mengalami infeksi saluran kemih dan batu ginjal.

Gejala DEHIDRASI
RINGAN
– Haus
– Mulut dan tenggorokan kering
– Suhu tubuh meningkat
– Sakit kepala

SEDANG
– Pusing
– Denyut nadi cepat
– Lemah/ Lemes
– Air kencing pekat (berwarna kuning kecoklatan)
– Air kencing sedikit

Nah buat teman-teman semua biasakanlah minum secara berkala, misalnya segelas air setiap satu jam, atau setiap setengah jam jika pada udara panas. Dan, yang penting jangan jadikan kebiasaan menahan kencing agar dehidrasi tidak mendekati teman-teman.(GHE/WK)

Tinggalkan komentar

Filed under Health

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s