Cuci Tangan

Kebiasaaan dari mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah menggunakan toilet terbukti dapat menyelamatkan banyak nyawa dibandingkan dengan pengobatan lewat cara vaksinasi atau intervensi medis. Dengan hanya mencuci tangan pada waktu yang tepat, angka kematian akibat diare dapat diturunkan hingga 50 persen, dan kematian akibat infeksi pernafasan akut turun hingga 25 persen.

Tangan adalah media yang sangat mudah dan rentan dalam penyebaran berbagai jenis penyakit, dan dengan mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah kematian 1juta anak akibat diare dan infeksi pernafasan akut,”ujar Abidinsyah Siregar, Kepala Pusat Promosi Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

Dan pada tanggal 15 Oktober tahun lalu telah dicanangkan Hari Cuci Tangan secara Global, di Indonesia, peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia akan ditandai dengan kegiatan cuci tangan secara serentak yang dilakukan oleh sedikitnya 40.000 siswa, orangtua, dan kader Posyandu di 4 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Malang. Yang dimana di Jakarta akan dipusatkan di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan. Selain di 4 kota itu, UNICEF bersama mitra-mitranya menyelenggarakan kegiatan serupa di 22 kabupaten di 6 provinsi.

Marilah kita jadi bagian kegiatan ini dengan memulainya dari lingkungan kita sendiri, keluarga dan diri sendiri dan jadikan mencuci tangan suatu kebiasaan yang menyehatkan.WK/Ghe

Tinggalkan komentar

Filed under Health, Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s