‘Softdrink’ membuat otot lemas?

safe_image.phpTeman-teman pasti tidak asing dan pernah mengkonsumsi yang namanya softdrink. Tapi perlu teman-teman ketahui, ternyata minuman yang menyegarkan ini memilki efek buruk yang berbahaya.

Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi softdrink yang berlebih dapat menyebabkan otot menjadi lemas dan bahkan lumpuh(ih sereeeem). Hal ini dikarenakan potassium ditubuh menipis karena konsumsi softdrink secara berlebihan. Dr Moses Elisaf dari Universitas loannina, Yunani, dalam bukunya yang berjudul International Journal of Clinical Practice mencatat beserta rekannya, terdapat 6 kasus penipisan potassium akibat mengkonsumsi minuman bersoda. Dalam kasusnya, softdrink yang dikonsumsi oleh konsumer bervariasi antara 2-9 liter per hari. ”Untunglah semua pasien dapat pulih setelah berhenti mengkonsumsi minuman bersoda dan mendapat suplemen untuk menggantikan potasium yang hilang,” tulis Elisaf dalam bukunya. Ion Potasium merupakan bagian dari mineral. Pada tubuh, potassium terdapat dalam jaringan dan sel.

Walau jarang banget orang yang mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebih hingga lebih dari 1 liter per hari. Sudah seharusnya para produsen memberikan edukasi kepada konsumen agr tidak mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebih. Nah buat teman-teman yang sangat menggemari softdrink disarankan agar tidak mengkonsumsinya secara berlebihan agar terhindar dari menghilangnya potassium yang berada dalam tubuh kita, yang nantinya dapat menyebabkan kelumpuhan pada otot kita. WK/Ghe

Tinggalkan komentar

Filed under Health, Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s